Cara Menanam Padi yang Baik Dan Menguntungkan - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Menanam Padi yang Baik Dan Menguntungkan

Cara Menanam Padi yang Baik Dan Menguntungkanbawangbawangan.com- sebagian besar dari bangsa indonesia adalah petani. Dan petani indonesia kebanyakan menanam padi. Tanah air indoesia serta ikllamnya yang cocok untuk di tanami padi menjadikan bangsa indonesia mayoritas menanam padi, terlebih lagi bagi masyarakat jawa.

Namun mengapa pemerintah masih saja sering mengimpor padi atau beras dari luar negeri.
Sangat di sayangkan memang kalau rakyat indonesia mayoritas petani padi, namun masih menginpor padi.

Harapan kami tentu bagaimana cara menanam padi yang baik dan menguntungkan
Di mengerti oleh seluruh petani indonesia dan mereka betul-betul mampu mengahasilkan panen padi yang baik dan menguntungkan. Sehingga pemerintah berhenti import namun ekspor ke luar negeri.
Cara menanam padi yang baik
Cara menanam padi yang baik via leoncanerotphotography.com

Cara Menanam Padi yang Baik Dan Menguntungkan


Disini kami mencoba untuk menulis uraian tata cara budidaya atau cara menanam padi yang baik dan menguntungkan, Insya Alloh.

Sebelumnya, untuk memperoleh tanaman padi menjadi kualitas bagus, tentu dibutuhkan tata cara menanam padi dengan proses penanaman padi yang baik dan benar, persiapan sebelumnya yang harus di tekankan dalam budidaya atau menanam tanaman padi sehingga hasilnya baik dan menguntungkan.
 
cara menanam padi jajar legowo
cara menanam padi jajar legowo
Berikut ini beberapa langkah dalam cara menanam padi yang harus di perhatikan dari mulai penyemaian bibit padi sampai panen berikut ini:

Mempersiapkan Lahan yang Akan di Tanami Padi

Lahan atau sawah yang akan di tanami tanaman padi, sebaiknya sudah siap sekurang-kurangya 2 minggu sebelum tananam padi di tanamkan. Yakni dengan cara mengolah tanah sawah dengan sebaik mungkin. Jadi, lahan atau sawah harus betul-betul tidak ada rumput air, gulma, rumput liar dll. Sehingga nutrisi dari tanah atau nutrisi-nutrisi yang di berikan oleh petani pada tanaman padi di habiskan oleh tumbuh-tumbuhan pengganggu tersebut.

Bila lahan di pastikan sudah terbebas dari tanaman liar pengganggu, makan lahan bisa di basahi dengan air kemudian membajaknya dengan traktor atau yang lainnya.

Pembajakan di maksudkan untuk membuat tanah menjadi lunak bahkan gembur serta sesuai untuk tanaman padi.

Sesudah pembajakan  pada tanah selesai dilkukan, maka genangi kembali sawah dengan air.

Penggenangan air dalam ukuran banyak hingga menutupi seluruh lahan dalam sawah kira-kira sekitar 10 cm.

Biarkan air pada lahan sawah terus menggenang selama siktar 2 minggu. Sehingga tanah akan berubah menjadi berlumbur dan racun-racun pada tanah juga akan hilang dengan sendirinya.
cara menanam padi ciherang
cara menanam padi ciherang

Cara Memilih Bibit Padi
Dalam memilih bibit pada sebagai cara selanjutnya dalam menanam padi yang baik dan menguntungkan, perlu sangat di perhatikan. Kita harus memilih bibit padi yang baik dengan cara melakukan observasi atau percobaan dan pengujian sendiri untuk melihat hasil sampel kualitasnya.

Pengujian dan percobaan dilakukan dengan cara merendam bijih padi sekitarmya 100 butir benih padi di dalam air yang berwadah ember atau bak. Sesudah sekitarnya 2 jam, kita bisa memeriksa benih-benih tersebut.

Cara menanam benih padi yaitu dengan cara memeriksa benih padi yang dilakukan dengan mengamati perubahan-perubahan pada benih padi.

Bila kecambah padi yang keluar ada sekitar 90%, maka bisa di simpulkan benih-benih tersebut memiliki kualitas dan tinggi mutunya.

Benih yang menunjukkan hasil sedemikian rupa tersebut layahk untuk di semai dan di tanamkan di lahan kita, karena kualitasnya dan mutunya bagus. Namun, jika hasil benih pengujian yang kita semaikan di atas menunjukkan sebaliknya. Maka, sebaiknya ganti benih padi dengan membeli ke toko pertanian atau membeli pada tetangga dan kawang yang memiiki bibit padi yang sudah teruji kualitas dan mutunya.

Jika sudah mendapatkan bibit padi yang bagus kualitas dan mutunya, maka bisa melakukan tahap selanjutnya yaitu persemaian bibit padi.

Persemaian Bibit Padi

Persemaian bibit padi bisa dilakukan sesudah memperoleh bibit padi unggul. Bibit padi unggul bisa disemai pada lahan persemaian. Lahan persemaian sudah di dahulu harus disiapkan. Lahan yang dibutuhkan untuk persemaian bibit tanaman padi sekitar 1 : 20.

Umpama akan menanami sawah seluas 2 hektar,  maka tempat atau lahan persemaiannya sekitar 1000 m2. Lahan pada wadah persemaian hendaknya juga berlumpur dan mengandung air. Berilah pupuk dengan pupuk tsp dan juga pupuk urea pada lahan persemaian dengan ukuran masing-masing 10 gr per 1 m2. Bila lahan persemaian sudah dirasa siap,maka benih-benih padi yang sudah mengeluarkan kecambahnya bisa di sebarkan secara merata.

Penanaman Padi

Proses penanaman bisa dikerjakan  sesudah benih pada proses persemaian sudah tumbuh daun dengan sempurna sebanyak 3-4 helai daun.

Jangka waktu dari persemaian ke bibit siap tanam umumnya sekitar 12 hingga 14 hari saja. Bila telah siap tanam, bibit bisa di pindahkan dari lahan semai bibit ke sawah.

Pemidahan bibit tanaman padai jangan sampai merusaknya. Cara menanamnya bisa di kerjakan pada lubang-lubang tanam yang sudah disiapkan. Khususnya untuk tanaman padi dalam satu lubang bisa ditanami dua bibit atau lebih sekaligus.

Cara menanamnya bisa dilakukan dengan cara memasukkan bagian akar yang berbentuk huruf l supaya akar bisa tumbuh secara sempurna. Kedalaman bibit ditanam juga ditentukan berkisar pada rentang 1-15 cm.

Bisa juga proses menanam padi yang menanamnya saat sawah masih ada airnya yang gembur dan menncapkannya langsung tanpa melubanginya terlebih dahulu.

Adapun waktu menanam padi lebih bagus  itu jika dilakukan 2 kali dalam setahunnya berdasarkan masa penanaman tanaman padi yang paling ideal.

Cara Merawat Tanaman Padi
 

Adapun cara merawat tanaman padi di lakukan dengan tiga cara, yakni penyiangan, pengairan, dan pemupukan pada tanaman padi

Cara penyiangan tanaman padi
Penyiangan pada tanaman padi dikerjakan dengan cara menjaga kebersihan lahan dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya. Penyiangan ini harus dikerjakan secara tertur dengan setiap rentang waktu tertentu. Penyingan tananaman padi bisa di dikerjakan setiap 2 minggu atau 3 minggu sekali.

Cara Mengairi Tanaman Padi
Pengairan yang hendaknya di alirkan pada tanaman padi juga harus melihat keadaannya.  Sebagaimana yang di perlukan pada pada tanaman-tanaman lainnya, sehingga tanaman padi tidak kelebihan air dan juga tidak kekurangan pasikan air.
Cara Pemupukan Tanaman Padi
Selanjutnya langkah cara pemupukan untuk tanaman padi, yaitu pupuk tanaman di berikan  pertama kali sesudah tanaman padi berumur sekitar 1 minggu.

Jenis pupuk untuk tanaman padi yaitu pupuk urea dengan ukuran 100 kg per hektarnya dan pupuk tps dengan ukuran sekitar 50 kg per hektar luasnya lahan.

Cara pemupukan selanjutnya di berikan sesudah berumur 25-30 hari sesudah masa tanam. Dengan cara pupuk urea di berikan lagi pada tanaman padi dengan ukuran 50 kg per hektar dan pupuk phoska dengan ukuran 100 kg per hektarnya.

Hama Dan Penyakit Tanaman Padi

Hama dan penyakit yang menyerang pada tanaman padi bisa di tanggulangi dengan cara menyemprotkan pestisida yang sesuai.

Cara Panen Padi
Cara Panen Padi
Cara Panen Padi
Panen padi bisa di lakukan jika padi sudah menunjukkan tanda-tandanya dengan di tandai batang padi sudah merunduk dan bulir-bulir padi telah menguning warnanya.

Padi sudah bisa di panen baik memanennya dengan alat-alat dan cara tradisional maupun juga dengan cara yang semi modern dan juga modern sesuai yang digunakan pada umumnya di daerah anda masing-masing.

Itulah panduan cara menanam padi yang baik dan benar. Dan jangan lupa mengeluarkan zakat dan sedekah kepada yang berhak menerimanya setiap habis panen jika sudah senisob, insya allah akan lebih menguntungkan.
Tag : Cara Menanam

Back To Top Cara Menanam Padi yang Baik Dan Menguntungkan