Mengatasi dan Mengobati Alergi Bawang putih - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Mengatasi dan Mengobati Alergi Bawang putih

Cara mengatasi mengobati alergi bawang putih, BawangBawangan.Com - Penggunaan bawang putih secara umum adalah sebagai penambah rasa nikmat dan lezat makanan olahan yang di massak. Namun, ada pula wanita khususnya yang masih belia menjadi alergi ketika berhadapan dengan bawang-bawangan semisal bawang putih ini.

Lalu bagaimana solusinya untuk mengatasi alergi bawang putih ini ?

cara menghilangkan rasa panas akibat bawang putih
Alergi bawang putih

Mengatasi alergi pada bawang putih ini tentu menjadi hal yang seakan wajib bagi wanita. Sebab, peran bawang putih terhadap olahan masakan menjadi bumbu yang terglong paling utama. Sehingga kalau alergi di biarkan dan tidak mau melibatkan bawang putih ke dalam masakan tentunya masakan menjadi hampar rasanya.

Selain itu, Bawang putih sudah di kenal dan di manfaatkan sejak ribuan tahun lalu sebagai obat herbal dan juga manfaatnya sebagai bumbu penyedap makanan .

Bawang putih banyak mengandung mineral, vitamin, dan antioksidan yang bikin bawang putih ini kegunaanya mampu untuk turunkan tekanan darah tinggi dan juga kolesterol, di samping itu juga bisa untuk turunkan risiko kanker pada lambung,kanker pada usus besar dan juga atasi penyakit jantung.

Akan tetapi, bawang putih juga membuat sebagian masyarat dibuatnya alergi pada bawang putih. Meski jarang namun alergi terhadap bawang putih ternyata ada juga.

Bawang putih membuat alergi pada seseorang itu terjadi saat sistem kekebalan tubuh orang terseut keliru dalam mengenali umbi bawang putih ini sebagai zat asing yang bisa membahayakan tubuhnya.

Terjadinya reaksi alergi bawang putih itu umumnya terjadi saat memakan bawang putih yang masih mentah.

Baca : Manfaat Bawang Putih Mentah

Reaksi alergi bawang putih bisa muncul sesegera mungki sampai dua jam lamanya sesudah mengonsumsi atau memakan bawang atau bahkan hanya kontak dengan bawang putih.

Gejala alergi dari bawang putih itu bermacammacam gejala, ada alergi bawang putih yang hanya ringan dan sepele, namun ada juga yang alergi terhadap bawang putih yang berat dan cukup fatal.

Gejala alergi bawang putih bisa muncul pada kulit tubuh, semisal ruam merah yang gatal dan juga biduran .

Ada juga alergi bawang putih yang berupa gangguan pada sistem pernapasan  seperti hidung yang tersumbat, mengalami asma, rasa gatal-gatal dan juga bersin yang terus menerus.

Selain itu, ada gejala alergi bawang putih yang tingkatanya cukup tinggi,yaitu gangguan pada sistem pencernaan seperti halnya muntah,kram di perut,diare dan juga mual-mual dalam perut.

Gejala alergi paling parah ialah reaksi anafilaksis. Biasanya alergi ini bagi yang mengalaminya tekanan darahnya terus menerus turun, dan terkadang sampai mengalami pingsan.

Maka, sebaiknya kita segera mengenali dan mengatasi alergi bawang putih ini bila diri kita atau anggota keluarga kita mengalami alergi ketika kontak dengan umbi bawang putih ini, Sebaiknya sesegera mungkin mengkonsultasikan alergi ini dengan dokter terdekat.
alergi getah bawang putih
alergi getah bawang putih


Cara Mengatasi Mengobati Menyembuhkan Alergi Bawang Putih


Biasanya orang yang mengalami alergi terhadap bawang putih juga mempunyai alergi terhadap daun bawang, bawang merah dan juga bawang bombay.

Jika Sobat termasuk orang yang merasa tak nyaman sehabis mengonsumsi bawang putih, maka sebaiknya ke dokter untuk diperiksa. Tanda-tanda alergi biasnya di periksa dokter pada skin prick dan juga pada darah.

Berhubung hampir setiap masakan di nusantara umumnya memakai bawang putih, maka hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah alergi kambuh itu dengan cara menjauhi makanan yang bikin alergi.

Pengobatan dan terapi yang dapat dilakukan untuk mengatasi alergi ini yaitu Salah satunya dengan cara mengonsumsi cetirizine (antihistamin).  Peranan obat alergi ini tunjuannya untuk menurunkan gejala alergi, Sebab pada dasar-nya alergi itu tidak dapat disembuhkan.
cara mengobati gatal dengan bawang putih

Dan juga bisa mencoba melakukan terapi alergi dengan bimbingan dokter terdekat. Biasanya akan di beri oleh dokter berupa obat yang mengandung zat alergen yang akan dikontrolnya secara rutin dalam beberapa tahun.

Dan obat yang biasnya untuk mengobati alergi bawang putih yaitu adrenalin/epinefrin atau sejenisnya dengan pengawasan dan anjuran serta dosis dari ahli kesehatan tentunya.  

Back To Top Mengatasi dan Mengobati Alergi Bawang putih