Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah

Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah, Bawangbawangan.com - Pekarangan rumah tidak selalu harus ditanami tanaman hias atau tanaman buah. Tanaman sayur pun bisa ditanam di pekarangan rumah kita. Tanaman sayuran dengan penataan yang rapi akan membuat pekarangan rumah nampak asri. 

Keberadaan tanaman sayuran di pekarangan rumah kita sebagai pemilik rumah tidak akan hanya menikmati keasrian dan hijaunya pekarangan rumah, namun juga bisa memetik hasil untuk di masak dan di makan sendiri bersama keluarga.
Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah
Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah


Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah

Memang selama ini Para pemilik rumah lebih memilih tanaman buah atau tanaman hias untuk menghijaukan halaman atau pekarangan rumahnya untuk mengindahkannya. akan tetapi sekarang tidak sedikit para pecinta tanaman bahkan ibu rumah tangga memanfaatkan pekarangan rumah untuk bertanam sayuran. selain sayuran ditanam langsung di dalam lahan tanah yang tersedia, ada juga yang menanam tanaman sayur di media seperti pot atau polybag.  bahkan sudah banyak pula orang yang memanfaatkan wadah bekas seperti bekas kaleng, cat, ember bocor atau wadah lain yang dapat di manfaatkan sebagai pot tanaman sayuran. 

Bertanam sayur di pekarangan rumah mempunyai banyak manfaat dan kelebihan tersendiri.  yang dapat untuk memenuhi kebutuhan keluarga, pekarangan juga nampak Asri jika di lihat. 
misalnya pada tanaman terung atau daun yang disusun sedemikian rupa sehingga tampak indah dipandang mata.

Manfaat lain dengan bertanam sayuran di pekarangan rumah ialah sayuran yang dipetik lebih segar dan juga lebih sehat tentunya, karena tidak mengandung banyak zat kimia, bahkan sayuran tersebut dapat dibuat secara organik. 

Sayuran ditanam untuk dimanfaatkan sebagai atau seluruh bagian tanamannya.
Ada juga jenis sayuran yang diambil buahnya saja seperti tomat dan cabe.  Ada juga yang diambil daunnya saja seperti ini tanaman kangkung, sawi dan bayam. Ada juga tanaman yang dimanfaatkan umbinya saja seperti bawang merah atau juga bawang putih. 

Kegunaan sayuran dan cara menanamnya juga beraneka ragam, mulai direbus atau dikukus sebelum dimakan hingga dimakan secara mentah sebagai lalapan bersama dengan sambal.

Sebagai komoditas yang dikonsumsi sehari-hari, sayuran banyak diusahakan oleh petani di mana mengembunkan nya.  Secara bisnis, sayuran memang menguntungkan apabila diusahakan dalam skala besar. Akan tetapi tidak sedikit pecinta tanaman sayur yang menanamnya di  pekarangan rumah atau sekitar rumah seperti di belakang rumah. 

Bagi pembudidaya tanaman yang memiliki halaman yang luas, Maka sayuran umumnya ditanam langsung di lahan dengan terlebih dahulu membuatkan bedengan-bedengan untuk tanaman sayuran. 

Bertanam sayur langsung di lahan atau tanah memerlukan persiapan yang bagus. tanah yang akan ditanami sayuran harus diolah terlebih dahulu agar supaya tanah tanah menjadi gembur yang siap untuk ditanami sayuran 

Cara mengolah tanah meliputi pencangkulan dan pembalikan tanah bagian atas, dan memberikan pupuk kandang sebanyak 1 kg per m2 nya.  Sesudah itu dibuat bedengan-bedengan yang sesuai dengan luas lahannya.

Tanaman sayur pun siap di tanam. Sesudah itu, di buat bedengan yang di sesuaikan dengan luas lahan. Tanaman sayur pun siap di tanam.

Menanam sayuran di pekarangan rumah sangat bermacam-macam. Ada yang ditanam langsung di tanah atau juga menanamnya dalam wadah seperti pot yang dimodifikasi semenarik mungkin atau dengan konsep perpaduan antara kolam dan tanaman untuk memelihara ikan dan sayuran. 

Teknik ini populer disebut aquaponik sistem bercocok tanam tanpa tanah atau populer dengan sebutan hidroponik.  hal ini juga dapat menjadi taktik bertanam sayuran di pekarangan rumah.

Jenis sayuran sayuran yang ditanam di pekarangan rumah


umumnya tanaman sayuran yang biasa dijumpai di pekarangan rumah adalah jenis tanaman sayuran yang mudah ditanam dan mudah cara merawatnya.

Berapa jenis sayuran yang banyak ditanam di pekarangan rumah, yaitu cabai,selada,sawi, bayam dan juga kangkung.

Sayuran ditanam bertujuan untuk diambil daun buah atau bunga bunganya.  Oleh sebab itu tanaman sayuran bisa dibedakan berdasarkan bagian yang banyak di manfaatkan bagi manusia, yaitu sayuran daun, sayuran buah, sayuran umbi dan juga sayuran bunga-bungaan,sayuran umbi.

1. Sayuran Umbi
Sayuran umbi yang biasa ditanam di pekarangan rumah yaitu kentang,wortel lobak,bawang merah dan bawang putih merupakan beberapa jenis tanaman yang termasuk dalam kelompok sayuran umbi. Dinamakan Kelompok sayuran umbi karena bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai sayur adalah umbinya. 
Sayuran Umbi
Sayuran Umbi

2. Sayuran Bunga
Sayuran yang ditanam berupa bunga bertujuan untuk diambil bunganya atau yang diambil untuk disayur atau dimakan pada bagian bunganya antara lain : bunga turi dan bunga kol. 
Sayuran Bunga
Sayuran Bunga

3. Sayuran Buah
Sayuran buah dinamakan sayuran buah sebab tanaman ini ditanam untuk diambil buahnya. 

Jenis sayuran yang termasuk dalam jenis sayuran buah ini antara lain : tomat,terong, labu siam,cabe, mentimun, pare dan buncis. 

Buah dari sayuran-sayuran tersebut umumnya bisa dikonsumsi langsung atau dimasak atau juga ditumis sebagai lalapan atau campuran sambal. 

4. Sayuran Daun
Sayuran daun merupakan tanaman sayur yang diambil bagian daun dan batangnya untuk dimakan secara langsung, dimasak, atau juga dijadikan lalapan. 
Sayuran Daun
Sayuran Daun

Sayuran jenis ini biasanya ditanam di sekitar rumah atau di pekarangan rumah untuk hiasan sekaligus keperluan dapur. Sayuran yang termasuk dalam golongan ini,antara lain kangkung, bayam, kemangi, selada, sawi, seledri dan petai. 

Back To Top Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah