Khasiat Bawang Putih Secara Ilmiah dan Detailnya - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Khasiat Bawang Putih Secara Ilmiah dan Detailnya

Khasiat Bawang Putih, bawangbawangan.com - Banyak Masyarakat yang mempercayai bawang putih sebagainya rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat , namun hanya sedikit di antara mereka yang mengerti alasan secara ilmiah dibalik manfaat dan khasiat bawang putih. Masyarakat mengetahui perihal bawang putih sebatas pada bentuknya yang menyerupai permainan gasing , warnanya yang putih  dan baunya yang menyengat . Dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat bawang putih secara umum hanya digunakan untuk bumbu penyedap masakan.

Bawang Putih mengandung minyak atsiri yang sangat mudah menguap,. Minyak atsiri dari bawang putih dianggap memiliki manfaat sebagai antibakteri dan antiseptik .

Sedangkan zat yang dianggap berperan memberi bawang putih ber-aroma khas adalah Alisin.
Alisin ini ternyata mengandung sulfur dengan struktur yang tidak jenuh dan dalam beberapa detik bisa terurai menjadi senyawa dialil disulfida. Di dalam diri Alisin bisa merusak protein kuman penyakit, sehingga kuman penyakit akan mati . Alisin merupakan zat aktif yang memiliki daya antibiotika  yang sangat ampuh . Banyak orang yang membandingkan zat antibiotik bawang putih dengan raja antibiotik , yakni penisilin bahkan banyak orang yang menganggap kemampuan alisin 5 kali lebih kuat berkhasiat daripada penisilin.

Terkait Khasiat Makan Bawang Putih Saat Perut Kosong

Bawang putih mengandung juga Scordinin berperan sebagai enzim pertumbuhan dalam proses germinasi atau pembentukan Tunas dan pengeluaran akar bawang putih . Scordinin dianggap bisa memberikan atau meningkatkan daya tahan tubuh dan juga perkembangan tubuh . Hal ini dikarenakan kemampuan bawang putih dalam bergabung bersama protein dan juga alam menguraikannya , Sehingga protein mudah untuk dicerna oleh tubuhKandungan kimia lain yang ada dalam bawang putih per 100 gram adalah :
  1. Scordinin
  2. selenium
  3. kalium
  4. vitamin
  5. besi
  6. fosfor
  7. karbohidrat
  8. lemak
  9. protein
  10. sulfur
  11. kalori
  12. Air dengan jumlah 66,2- 71,0 g.
  13. Saltifin  yang bisa mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta bisa merangsang susunan sel
  14. kalium yang bisa untuk menenangkan sehingga mampu untuk mencegah hipertensi sebesar 26 sampai dengan 42 mg.

Khasiat Bawang Putih

Manfaat atau Khasiat bawang putih tidak hanya ramai dibicarakan pada zaman modern ini,  namun manfaat bawang putih ini sudah diketahui oleh manusia sejak peradaban manusia dimulai. Hipokrates menyatakan bahwa pada zaman Babilonia dan pada masa Yunani kuno bawang putih biasa digunakan sebagai obat per4ngsang, untuk menyembuhkan sembelit dan pelancar air seni.
Manfaat bawang putih tunggal
Manfaat bawang putih

Bawang Putih di dalam catatan sejarah Mesir kuno memiliki peran yang besar dalam membangun salah satu keajaiban dunia yaitu piramida piramida yang besar di Mesir. Pada zaman itu makanan para pekerja yang sedang membangun piramida Mesir kuno salah satunya adalah bawang putih dalam jumlah yang banyak. Para pekerja piramida percaya bahwa bawang putih dapat untuk menangkal penyakit dan memberi daya tahan tubuh yang kuat . Sementara itu pada saat terjadi perang dunia ke-2 bawang putih diajukan kepada para prajurit yang sedang bertempur, alasannya bawang putih mampu meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh terhadap berbagai macam penyakit.

Bawang putih digunakan sebagai bahan alami pengobatan secara tradisional khususnya pengobatan tradisional yang ada di China banyak yang memakai tumbuh-tumbuhan,  termasuk bawang putih untuk mengatasi penyakit

Salah satu keunggulan pengobatan Cina adalah tidak hanya menyembuhkan bagian tubuh yang sakit. namun juga bisa untuk mengobati seluruh bagian tubuh dan meningkatkan kesehatan tubuh kembali . Hal ini dikarenakan bahan-bahan yang dipakai merupakan bahan-bahan alami yang bergizi bagi tubuh manusia.

Terkait : Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk Anak Bayi

Efek samping bawang putih

Khasiat Bawang Putih ini selain dimanfaatkan untuk menyembuhkan dan mengatasi penyakit, ada juga hal yang tidak disukai dalam mengonsumsi bawang putih, terutama sekali apabila dalam jumlah banyak . Efek samping bawang putih yaitu bau badan dan bau mulut yang sangat menyengat .  Bau badan menyengat ini disebabkan karena bawang putih yang terserap lewat Kalianda dan kemudian dikeluarkan menjadi keringat melalui kulit tubuh.  dan yang membuat bau mulut menyengat jika mengkonsumsi bawang putih adalah karena sisa-sisa bawang putih yang menyangkut pada gigi  sewaktu makan.

Sebenarnya ada cara agar mulut tidak mengeluarkan bau menyengat setelah mengkonsumsi bawang putih yaitu dengan memakan buah Limau.
Efek samping bawang putih
Efek samping bawang putih
Bawang putih seperti halnya juga jenis bawang-bawangan lainnya, juga mampu mendorong keluarnya air mata saat dikupas, meskipun tidak sedahsyat bawang merah  efek buruk tersebut akan terasa apabila sedang mengupas atau mengiris bawang putih dalam jumlah yang banyak hal ini dikarenakan adanya zat Propantial   yang dihasilkan oleh enzim Lactrimatori  faktor Sinthase yang  bertempat di lapisan umbi yang warnanya kuning . Umumnya untuk mengatasi dilakukan dengan menggunakan kacamata , menyalakan lilin , dan memasaknya dengan kentang jika dimasak dengan kentang aroma khas bawang putih berkurang . Cara yang lebih efektif tanpa mengurangi rasa khas nya adalah dengan meletakkan bawang putih di dalam freezer selama 5 sampai dengan 10 menit sebelum dipotong potong.

Kehebatan bawang putih untuk obat diyakini karena kombinasi dua senyawa yang ada didalamnya yakni Alisiin dan scordinin.

Bawang putih terdapat Alisin didalamnya yang mana alisin bermanfaat sebagai antibiotik alami yang mampu membasmi berbagai macam dan bentuk mikroba . Alisin mempunyai kemampuan sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh dan pertumbuhan bg pengkomsumsinya,

Potensi bawang putih akan sedikit,  apabila bawang putih digoreng atau dimasak . Dengan demikian, maka pendapat yang mengatakan bahwa khasiat bawang putih akan hilang jika dipanaskan itu merupakan pendapat yang tidak benar. Alisin tidak akan bisa hilang jika ia hanya tidak tahan menghadapi panas . Demikian juga dengan enzim Ali yang ada dalam bawang putih tidak seluruhnya rusak

Adapun dosis yang dianjurkan  dari bawang putih untuk dimakan adalah setengah sampai dengan 03.00 siang per hari.

Namun memakan lebih dari 3 siung bawang putih untuk setiap harinya bisa berakibat buruk , seperti kentut terus , perut sebah, demam, diare dan bahkan bisa menyebabkan pendarahan pada lambung.
Khasiat Bawang Putih Jantan, Sampai sekarang ini masyarakat lebih menyukai bawang putih lokal dari  pada bawang putih dari imporan, bahkan sebagian masyarakat meyakini bahwa bawang putih lanang atau bawang putih jantan atau yang juga dinamakan sebagai bawang putih tunggal lebih  berhasiat sebagai obat daripada bawang putih impor. memang ketajaman aroma bawang putih lokal khususnya bawang putih lanang lebih menyengat dan rasanya juga lebih gurih dibandingkan dengan bawang putih impor.

Baca Juga Ini : Khasiat Bawang Merah untuk Kejantanan Lelaki
khasiat bawang putih,tunggal,jantan,lanang
Bawang putih tunggal
Namun masalahnya masyarakat di daerah perkotaan agak sulit memperoleh bawang putih lokal , apalagi bawang putih lanang.

Itulah artikel Khasiat Bawang Putih tunggal atau jantan yang dapat kami bagikan, Semoga bermanfaat.

Baca Juga : 

Back To Top Khasiat Bawang Putih Secara Ilmiah dan Detailnya